Langsung ke konten utama

Tanda dan Gejala Gagal Ginjal

 Tanda dan Gejala Gagal Ginjal

Tanda dan Gejala Gagal Ginjal,- Kurangnya kesadaran akan pentingnya fungsi ginjal untuk hidup, membuat banyak orang mengabaikan ginjal kesehatan bila fungsi ginjal sangat penting bagi kehidupan. Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh yang bertanggung jawab penyaringan dan menghilangkan zat metabolisme tubuh. Seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal akan penurunan, namun penurunan fungsi ginjal tidak selalu karena faktor usia, juga bisa terjadi karena racun, infeksi atau obat-obatan.

Bagaimana mengenali tanda-tanda dan gejala penyakit ginjal, pencegahan dan pengobatan gagal ginjal?

Sekilas Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu alat produksi (ekskresi), ginjal bekerja untuk menghapus sampah motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia. Juga secara sistematis menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh 750 ml - 1500 ml per hari.

Ketika ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran dikenal sebagai gagal ginjal, limbah metabolik tidak dihapus tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

racun ini, maka akan menyebabkan mual, muntah, sakit kepala parah dan hilangnya kesadaran. cairan tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan penumpukan cairan dalam rongga tubuh, menyebabkan sesak napas dan bengkak. Jika tidak segera diatasi penderita gagal ginjal akan menemukan kematian.

Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2, yaitu

Gagal Ginjal Akut yang muncul tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Gagal ginjal akut jika pengobatan dilakukan dengan benar, maka akan sembuh.

Gagal Ginjal Kronis muncul perlahan-lahan dalam beberapa tahun terakhir. Pengobatan penyakit ginjal kronis tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan untuk hidup,.

Penyebab gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh acara-acara seperti penyumbatan akut saluran empedu oleh batu, kehilangan air pada diare tidak segera diatasi dan kurangnya darah pada luka dan operasi, infeksi berat dan keracunan obat dan bahan kimia tertentu. Jika tidak ditangani dengan gagal ginjal baik akut akan berubah menjadi gagal ginjal kronis secara permanen.

Tanda dan Gejala Gagal Ginjal

Tanda-tanda gagal ginjal akut antara lain: nyeri pinggang yang sangat sakit (kolik), pembengkakan mata, pembengkakan kaki, nyeri saat buang air kecil, demam, kencing sedikit, kencing merah (darah), sering buang air kecil. Ada kelainan Urine, al: tidak ada protein dalam urin, ada eritrosit, darah putih sel / leukosit, bakteri dalam urin.

Gejala gagal ginjal kronis antara lain: mual, muntah, bengkak2, lemas, tidak ada energi, nafsu makan menurun, penurunan buang air kecil, gatal-gatal, sesak napas, pucat / anemia. Gangguan kemih: tidak ada protein, eritrosit, leukosit dalam urin. Tes laboratorium kelainan kreatinin darah lain meningkat, hemoglobin menurun; Urine: protein selalu positif (selalu ada protein dalam urin).

Pencegahan Gangguan Ginjal

Pencegahan penyakit ginjal dapat dilakukan, antara lain, mengatasi penyebab penyakit. Ketika kita menderita diabetes atau hipertensi, dan harus ditangani dengan hati-hati dikendalikan. Jika ada batu ginjal harus segera dihapus. Ketika infeksi ginjal sering harus diobati dengan tepat.

Anda tidak harus menggunakan obat semaunya, karena bannyak semua obat yang diketahui merusak ginjal, termasuk obat penghilang rasa sakit dan obat arthritis dan obat herbal yang biasa dijual di warung-warung.

Membuat gaya hidup sehat, makan diet seimbang, menjaga berat badan yang sehat, tidak mengkonsumsi alkohol, asupan natrium diet adalah untuk menghindari asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok.

Sumber: Ciri dan tanda Gejala Gagal Ginjal


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan.  Kopi adalah salah satu minuman yang sangat sehat bila diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena kopi sarat dengan kandungan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang suka mengonsumsi kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terkena beberapa jenis penyakit serius. Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan Berikut ini adalah 12 manfaat minum kop i untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, yang telah dikonfirmasi dalam studi atau penelitian pada sampel manusia. Kopi Bisa Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas Kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bah

Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke

Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke.  Menderita penyakit stroke menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siapa saja. Namun bukan berarti tidak ada jalan untuk mengobati penyakit stroke . Namun sebaik apapun terapi yang dijalankan, harus memperhatikan juga pantangan makanan bagi penderita stroke. Hal ini demi mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko penyakit menjadi semakin parah. Selain penggunaan obat herbal stroke yang ampuh dan berkualitas, faktor pantangan makanan bagi penderita stroke adalah sesuatu yang wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Agar kondisi kesehatan pasien semakin hari menunjukan tanda-tanda yang positif. Seperti yang kita ketahui penyakit stroke merupakan penyakit yang sangat menakutkan seperti halnya penyakit jantung dan kanker. Secara garis besar ketiga penyakit ini kebanyakan terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup ini meliputi konsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan yang buruk seperti merokok, juga ku